Hasil Liga Champions 7 Desember 2016: Benfica vs Napoli 1-2, Sama-Sama Lolos

Gol Jose Callejon dan Dres Mertens menjamin hak Partenepoi keluar sebagai juara Grup B. Sebaliknya, tuan rumah Benfica yang kalah di kandang sendiri, Estadio da Luz, tetap berhak lolos ke 16 besar Liga Champion, menyusul kekalahan memalukan Besiktas dari Dynamo Kiev enam gol tanpa balas.
Benfica mendapatkan skenario paling menyenangkan di matchday terakhir Liga Champions. Mereka memang tidak menambah poin, terhenti di angka delapan dari enam laga. Tetapi wakil Liga Portugal tetap berangkat ke babak sistem gugur sebagai runner-up grup B, di bawah Napoli, berkat keunggulan satu poin dari Besiktas. Malah Benfica terhindar dari tim-tim elite di 16 besar mendatang.

Tampil menghadapi Napoli yang pernah menyikat mereka 4-2 di San Paolo, Benfica justru lebih banyak ditekan tim tamu. Meskipun demikian butuh waktu hingga 21 menit untuk Napoli menghasilkan peluang emas. Ketika itu Lorenzo Insigne mengirim bola kepada Marek Hamsik. Tembakannya diblok oleh kiper Ederson. Bola muntah ditanduk oleh Manolo Gabbiadini yang sialnya dinyatakan offside.
Benfica masih terus menjadi bayang-bayang tamu mereka sampai turun minum. Jose Callejon dan Gabbiadini punya dua kesempatan, yang semuanya dipatahkan Ederson. Namun tidak selamanya sang kiper tuan rumah tangguh. Terpicu berita dari Kiev, bahwa Besiktas dibantai habis-habisan, Benfica lengah.

Masuknya Dres Mertens jadi inspirasi Napoli. Tiga menit setelah ia hadir, tepatnya kala laga berjalan satu jam, bola cantik dari sang pemain internasional Belgia, membantu Callejon menuntaskan rasa penasarannya. Tak kalah manis, Callejon mengangkat bola melewati Ederson untuk gol pertama Napoli.
Momentum ada di tangan Napoli, dan mereka memperlebar jarak di menit 79. Dres Mertens tidak cukup hanya mencetak assist, tetapi juga mengirim gol setelah mengalahkan Luisao. Tembakan datar Mertens tak bisa digapai oleh Ederson.
Meskipun Benfica sempat memperkecil kekalahan via Raul Jimenez tiga menit jelang bubaran, hanya itu saja yang bisa dilakukan tuan rumah. Skor akhir 1-2, Napoli mengamankan puncak klasemen Grup B.
Gol: Raul Jimenez 87/ Jose Callejon 60, Dres Mertens 79

angelived.org www bola net Sumber: Sidomi